Ramai! 12 Emiten Jadwalkan Aksi Korporasi Hari Ini, 3 IPO

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat ada 12 emiten yang memiliki agenda aksi korporasi pada hari ini, Selasa, (18/4/2023). Rencana aksi ini mencakup Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), pencatatan perdana saham hingga cum date dividen.

Terdapat empat emiten yang hari ini masuk pada jadwal cum date dividen. Pertama adalah PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) yang sebelumnya dikabarkan akan membagikan dividen sebesar Rp3,62 miliar.

Tak mau kalah, PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) dan emiten tambang PT Ifishdeco Tbk (IFSH) masuk ke jadwal cum date dividen, dimana keduanya akan membagikan masing-masing Rp115,16 dan Rp28,12 dividen per saham.

Terakhir, emiten yang masih satu grup dengan BELL PT Trisula International Tbk (TRIS) juga masuk dalam jadwal Cum Date Dividen. Emiten tekstil ini akan membagikan Rp6,5 dividen per saham bagi para pemegang sahamnya.

Di sisi lain, ada tiga calon emiten yang segera melantai di bursa atau melaksanakan Initial Public Offering (IPO). Mereka adalah PT Era Digital Media Tbk (AWAN), PT Merdeka Battery Minerals Tbk (MBMA) dan PT Menn Teknologi Indonesia Tbk (MENN).

Selain mencatatkan sahamnya, emiten teknologi MENN juga akan mengeluarkan waran seri 1. Waran ini dihargai sebesar Rp98 dan setiap investor yang memiliki 3 saham baru MENN berhak memperoleh 2 Waran.

Sementara itu, Agenda RUPS Luar Biasa dimulai dengan emiten PT. Bank Neo Commerce Tbk (BBYB). Emiten bank ini menggelar RUPSLB di kantor Pusat Bank Neo, SCBD, Jakarta, pada pukul 14.00 WIB.

Selanjutnya, PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) akan melaksanakan RUPST dan RUPSLB pada pukul 14.00 WIB hari ini. Perusahaan penyedia bahan bangunan ini akan menyelenggarakan acaranya di The Bellezza Suites, Jakarta.

Di sisi lain, terdapat aksi korporasi yang dilaksanakan oleh Emiten jasa bibgkar muat PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) akan melaksanakan RUPS Luar Biasa (RUPSLB). Adapun acara diselenggarakan di Museum Maritim Indonesia, Tanjung Priok, pukul 14.00 WIB.

Bergerak ke emiten pertambangan, PT Prima Andalan Mandiri Tbk (MCOL) hari ini akan melaksanakan RUPST. Direksi MCOL sepakat melaksanakan RUPST secara virtual pada pukul 10.00 WIB.

Tak mau kalah, emiten produsen salah satu merek tabung gas PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA) juga akan melaksanakan RUPST di Ballroom The Westin Hotel, Jakarta. Direksi dan pemegang saham TGKA sepakat melaksanakan RUPST pukul 13.00 WIB.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*