Kapan Idul Fitri 2023? Ini Prediksi dari Para Astronom Dunia

Pengamatan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan (AP/Achmad Ibrahim)

Idul Fitri akan menandai akhir bulan suci Ramadhan. Menurut Pusat Astronomi Internasional atau International Astronomy Center (IAC), Idul Fitri jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

Meski demikian, tanggal pasti Hari Raya Lebaran baru dapat dikonfirmasi berdasarkan penampakan bulan. Negara-negara Islam di seluruh dunia akan melakukan pengamatan bulan sabit Syawal pada Kamis, 20 April.

Pusat Astronomi Internasional mengatakan dalam sebuah unggahan Twitter bahwa penampakan bulan sabit pada hari Kamis, 20 April hampir tidak mungkin dengan mata telanjang atau teleskop di sebagian besar negara Arab dan Islam, kecuali sebagian Afrika Barat. Untuk dapat melihat bulan pada tanggal tersebut diperlukan kondisi khusus, seperti teleskop yang akurat, pengamat profesional, dan cuaca yang sangat bagus.

Berdasarkan prinsip ini, IAC memprediksi Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu, 22 April.

IAC¬†juga mengklarifikasi bahwa prediksi ini didasarkan pada “informasi astronomi” dan bahwa kriteria awal bulan bervariasi di seluruh dunia Islam.

Sementara itu, Mahkamah Agung Arab Saudi meminta umat Islam untuk mengamati bulan sabit Syawal pada Kamis malam, 20 April, dan melaporkan setiap penampakan ke pengadilan atau pusat kontak terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*