Investor Startup Telkom Klaim Hasilkan Rp 5 Triliun Tahun Buat BUM

Investor Startup Telkom Klaim Hasilkan Rp 5 Triliun Tahun Buat BUM

Sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa-Sumatera-Kalimantan) milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah pulih dan kembali beroperasi normal seperti sedia kala sejak senin pagi (4/10) pukul 05.30 WIB.

MDI Ventures milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., mengklaim telah membantu BUMN mencetak pendapatan Rp 5 triliun dari sinergi dengan startup.

CEO MDI Ventures, Donald Wihardja mengatakan jumlah tersebut merupakan hasil dari sinergi pendapatan antara startup MDI, Telkom dan BUMN lainnya.

“So far hasil kami selalu naik setiap tahun dan mungkin tahun 2022 ke 2023 kami malah hampir 2 kali lipat sampai hampir Rp 5 triliun rupiah per tahun yang di generate dalam synergy revenue antar startup MDI, Telkom dan BUMN yang lain,” kata Donald dalam segmen Profit di CNBC Indonesia, Jumat (5/1/2024).

“Dibandingkan total-total https://toto-jp-slot.monster/ Rp 4 triliun yang telah kami investasikan,” imbuhnya.

Ia menyebut bahwa tahun ini MDI bisa lebih besar lagi mengembangkan sinergi revenue dibandingkan denga uang yang telah mereka investasikan. Dengan demikian, MDI bisa mendapat kepercayaan dari investor lain yang mau menitipkan uang mereka untuk dikelola.

“Jadi untungnya tahun ini, akhir tahun dengan hampir double uang yang kami kelola ya, bukan hanya dari Telkom tapi ada dari BUMN lain, dari dalam negeri dan juga luar negeri,” ungkapnya.

MDI Venture sendiri merupakan venture capital di bawah Telkom Group. Mereka mengelola dana dari Telkom dan investor lain pihak ketiga.

Bukan hanya investasi yang menghasilkan profit, tapi juga inovasi dan produk-produk yang sudah dibuktikan oleh startup-startup dipinjam dengan tujuan untuk menambahkan ekosistem digital di Telkom dan BUMN.

“Jadi dua tugas itu yang mesti kita balance.” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*