Euforia Jurnalis Ujung Timur Indonesia Sambut UKW Perdana Sokongan BUMN

euforia-jurnalis-ujung-timur-indonesia-sambut-ukw-perdana-sokongan-bumn

Gemuruh tepuk tangan terdengar di ruangan Kayi A pada Selasa (30/01/2023) siang, tampak juga senyuman dari empat belas rekan Jurnalis yang mengakhiri ketegangannya usai mendengar pengumuman hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diumumkan oleh salah seorang penguji dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Andi Faisal Syam.

“Dari lima belas wartawan yang mengikuti UKW tidak ada yang lulus, namun semuanya kompeten,” sepenggal kalimat yang sempat saya kutip dari sambutan penguji asal PWI Sulawesi Selatan itu.

Satu hari sebelumnya hingga hasil diumumkan, hampir tak ada senyum terpancar dari lima belas wartawan Papua Selatan yang sedang mengikuti Uji kompetensi.

Bagi jurnalis Papua Selatan, momentum ini merupakan kesempatan yang langka, pasalnya ini merupakan UKW pertama yang digelar di Kabupaten Merauke, Papua Selatan. Terlebih UKW kali ini digelar secara gratis berkat dukungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bekerjasama dengan PWI.

Sebelum UKW sokongan BUMN digelar, jumlah jurnalis yang sudah dinyatakan kompeten di Papua Selatan masih bisa dihitung jari, jika dirata-ratakan baru sepertiga jurnalis yang telah mengikuti UKW. Minimnya jumlah ini bukan karena sikap tidak peduli untuk menjadi wartawan kompeten. Namun, kesempatan dan kemampuan finansial menjadi faktor utama bagi sebagian besar jurnalis yang berada di ujung timur Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*